Minggu, 04 Desember 2011

kisah 7 tahun yang lalu

1 Desember 2004 , 2 anak culun ingin mengadu nasib di kota J yang penuh dengan gemerlap lampu disaat malam hari , coba tebak kota apakah itu ? JAKARTA …. Sayang jawaban anda salah yang benar adalah Jayapura , ya ya ya ya .. 2 anak yang masih lugu lugu dan unyu unyunya waktu itu , dengan tekat semangat colombus untuk menemui daratan baru , menimba ilmu sampe negeri Cina , dan mencari jalan menuju roma , katanya bolehlah mampir ke Jayapura dulu … weleh2 , kok mencelate adoh banget yah.

Lepas Magrib aq dan fajar berangkat ke Bandara Juanda , waktu itu bandara Juanda masih di terminal lama , terminal Haji sekarang . Berangkat diantar pake mobil kantor bersama rekan rekan teknisi LA Surabaya (ada karjo , Ali , seng liyane lali aq) mobil rasanya penuh itu , didalem mobil isinya bercanda aja , padahal itu jantung berdebar kencang , kok yo nekat banget ini anak dua pindah ke Jayapura dari Jawa di usia kami yang masih 18 tahun waktu itu .

Surabaya – Jayapura , waktu itu Pesawatnya cuman ada Merpati dengan model Foker F-100 , dan untuk perjalanan Jauh selalu dikasih seat paling belakang deket sama mesin pesawat , berisik buanget dah pokok nya , awal cerita perjalanan dimulai dengan cek in di bandara , fajar yang baru pertama kali naik pesawat ya dengan cool nya dia narik koper gelindingnya , saya ? .. ambil trolley lah , lha wong waktu itu kita bawa computer set lengkap juga , hasil lungsuran dari pak TJU , masuk pake diperiksa sama petugas bandara , fajar ngikutin aja sama dengan penumpang lainnya , macak wes tau numpak kapal mabur dek e .. dan tetap tidak terlihat ndesok karena emang baru pertama kali naik pesawat itu , masukkan barang ke x-ray dan mulailah kita cek in , tau ndak barang bawaan kita over weight sekitar 30 kg , dan tau kah anda berapa biaya untuk kelebihan bagasi itu , eng ing eng … 1,300,000 IDR , itu mah gaji kite sebulan kali , dan akhirnya kita berkomat kamit kenapa juga bawa PC itu yang buat over banyak … gak papa lah , pengalaman kena over budget pertama kali , nanti juga di cash ke kantor over nya , tapi permasalahannya adalah , siapa yg punya duit buat bayar itu … akhirnya lari lah saya ke ATM Center , cek saldo … Alhamdulillah , masih cukup buat bayar .

Dari Cek in counter jalan dong dengan gaya ke ruang tunggu , karena ini pesawat malam , ya bandara udah sepi aja jaman segitu , tahun segitu peminat pesawat belom sebanyak sekarang mungkin yah , dan waktu itu harga tiket pesawat juga masih muahal . di ruang tunggu kita cuman mangap mangap , dengan merenungi detik detik terakhir di tanah jawa , sms kesana kesini , sms orang tua , temen2 yg antar tadi , temen2 deket sekolah , sampe sms gebetan kita , atau cem ceman kita dulu … hahahaha , yah biasalah anak muda J

Boarding time , rasanya nyesek banget , dengan mengucak bismillah , diniatkan untuk bekerja untuk cari duit halal dan membahagiakan orang tua (cieh … kaya anak berbakti dan soleh aja loe lik) kita melurukan niat berangkat ke Jakarta , eh salah .. ke Jayapura .

Pesawat pertama kali yang dinaiki fajar , saat mba pramugari memberikan pengarahan gimana pasang sabuk pengaman , pake pelampung , fajar perhatiin beneran dah tuh , hamper seperti dia perhatiin bapak dan ibu guru nerangin pelajaran waktu sekolah dulu , ya aq godain aja , tenang jar , gak bakalan ada ujiannya kok itu , dan tetep dapet makan nanti walau gak ikutan perhatiin , hahahha … mungkin dalam hatinya fajar bilang “cah edan , ini khan demi keselamatan kita juga nantinya kalo ada force major” .. aq jawab juga dalam hati “ pesawat kecil gini , kalo mati mesin ya mati aja kita , pesawat kecil , beban banyak gini , langsung nyungsep aja itu pesawat” …. Kaya punya telepati aja kita ini ngobrol dari hati ke hati … cieh …. Ketawan bener emang aq yg edan sepertinya .

Karena sudah malam dan waktunya tidur , untung gak diwajibkan cuci kaki dan minum susu dulu sebelum tidur , dan tidur lah kita di pesawat , fajar kalau aq perhatiin ndak tidur dech dia, perhatikan saja semua yang ada disekeliling nya pesawat , sampe bosen mungkin ya lihat itu itu aja , atau justru dia menikmati 1st time penerbangannya , tp tetap saya yakin atas penilaianku sendiri “fajar tegang sama pengalaman pertama kali terbang” hehehehe …

Makan malam dipesawat dikasih tuh sama mbak mbaknya makanan , nasi apa ya waktu itu .. lupa lah , habis makan , tidur lagi lah aq , hahaha , lha mau main bola atau PS juga kagak boleh , mau godain mbak mbak pramugarinya ntar dibilang , apa sih nih anak bau kencur goda goda kita … ya enakan tidur aja .

Transit pertama di Makassar , yah itu pertama kali fajar tahu Makassar , walau cuman mampir bandara saja , tapi paling tidak kita sudah ada di Makassar , sampe Makassar kita sudah dinihari , 30 menit pesawat take off lagi , dan kita terbang ke papua … , menjelang subuh pesawat turun di sorong , kepala burung papua itu waktu tahun itu bandara masih berada di sebuah pulau jefman , jauh dari daratan , mau ke kota harus naik speedboat dulu selama 30 – 40 menit , dan itu lah pertama kalinya fajar menginjakkan kaki di tanah papua (untung gak pake acara sujud cium tanah loe jar , bisa dikira orang pingsang nanti) , lihat orang orang item item semua mungkin yah , baru bangun dari jet leg yang penuh dengan kebisingan mesin jet pesawat , nggak nyaman juga tidurnya , hasilnya kaya orang mabuk laut aja geloyoran , dan suasana papua pun mulai menerpa kita , bau laut , bau pinang , dan bau bau yg lainnya , termasuk bau iler ku sendiri paling yah ….

Setelah transit di sorong , terbanglah kita , dan mampir lagi ke manokwari yang saat ini ibukota provinsi papua barat , baru lah kita melanjutkan ke Sentani Jayapura , kita berangkat dari Surabaya jam 10 malam , mampir Makassar , sorong dan manokwari , sampe disentani jam 14,00 WIT … hitung tuh berapa lama dipesawat … yang pasti rejekinya fajar lah , sekali naik pesawat langsung seperti Jakarta – Arab aja waktu tempuh perjalanannya , anggap saja kita naik haji ya jar … hahahaha

Akhirnya , ini Jayapura , sentani , setelah menunggu bagasi keluar , langsung lah kita bergotong royong untung angkut barang2 yang kita bawa tadi , kenapa gotong royong , karena di Jayapura waktu itu belom ada trolley dan adanya buruh angkut / porter saja , karena ane juga masih takut waktu itu daripada barang kita tidak tahu rimbanya dibawa sam porter yaudah lah 2 orang kurus2 itu angkat sendiri barang2 kita , dan mencari taksi Bandar berupa mobil kijang kotak yang dijawa aja udah gak banyak tuh mobilnya .. dan meluncur ke kota jayapura , maklum karena aq yang sudah pernah ke Jayapura sebelumnya , ya aq yang coba menjelaskan daerah2nya sekitaranyang kita lewati ke fajar . 1 jam perjalanan ditempuh dari sentani ke kota Jayapura , jalan yang menarik dengan mengelilingi sebagian danau sentani , mendaki beberapa Gunung dan lembah , dan sampailah kita di mana kita mengabdi beberapa tahun , JAYAPURA , indah untuk dikenang , dimana 2 anak muda ini termasuk nekat (nekad atau berani sih kita jang) menjalani tanggung jawab yang saat itu diamanahkan kepada kami semua , pertama kali jauh (banget) dari orang tua , tanpa sodara dekat dan hanya ilmu ketelatenan kita lah kita dapat menikmati hasil yang saat ini .

Terima kasih buat Pace Denny yang mau menerima kita sebagai junior baru di Jayapura dan dikasih fasilitas menginap di kos nya tanpa harus ikutan bayar kos , dan beliau lah yang tidak pernah pelit ilmu untuk disharing ke kami , fajar sahabatku yang tau lebih dari pada teman teman yang lain.